Header Ads

Panwascam Monta Gelar Rakor Dengan Muspika dan Tokoh Masyarakat

rakor di gedung PKG Monta

Bima, jerat.co.id - Untuk menjamin pelaksanaan hajat demokrasi jauh dari kendala, panitia pengawas pemilu (panwascam) Monta gelar rapat koordinasi (rakor) pada jum’at siang (21/12) bertempat di gedung Pertemuan Guru Kecamatan Monta.

Hadir dalam acara yang dipimpin komisioner Bawaslu Junaidin, S.Pd didmpingi ketua Panwas Monta Saifullah, SH tersebut unsur muspika Monta yakni camat Monta Muhtar Jamaluddin, SH, Danramil 1608/07 Monta diwakilkan, Kapolsek Monta diwakilkan, kepala KUA Monta dan seluruh perangkat desa serta unsur tokoh masyarakat.

Junaidin yang akrab disapa Joe pada pengarahannya mengatakan bahwa untuk pemilu tahun 2019 ini beda dengan tahun sebelumnya, dari kertas suara yang lebih banyak karena disatukan dengan pilpres.

Perlu saya sampaikan juga, kata Joe beberapa tahapan telah dilakukan salah satunya penetapan DPT, yang pada tahun ini penetapan DPT masuk pada fase ke tiga yang dilakukan sejak bulan april, dan ini juga yg membedakan dengan kegiatan pemilu sebelumnya yang hanya melakukan ferifikasi hanya pada tahap ferifikasi faktua satu kali.

Dari semua jenjang yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu berikut berbagai kendala yang dihadapai, dukungan masyarakat dan pemerintah mulai dari tingkat RT dan dusung hingga desa dan kecamatan sangat menentukan suksesnya pelaksanaan pemilu nanti, harap Joe.

Pada kesempatan yang sama Camat Monta Muhtar Jamaluddin, SH menyampaikan harapan agar pada pemilu tahun 2019 mendatang masyarakat dapat memberikan hak pilihnya, pasalnya kata Muhtar keinginan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya masih kurang.

“Berbeda jauh dengan pesta demokrasi Pilkades, hanya antusis masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sangat tinggi, yang seharusnya ini menjadi contoh untuk pemilu legislatif atau Pilpres nanti,” kata Camat.

Belajar dari pengalaman Pilkades, “Harus ada upaya pendekatan yang dilakukan oleh kita semua baik itu pendekatan keluarga, pendekatan jasa dan kos politik sebab hal itu yang terjadi pada Pilkades sehingga partisipasi pemilih menjadi tinggi,” katanya.

Camat juga menghimbau agar pelaksanaan pemilu bebas dari pelanggaran, “Sebenarnya masayarakat tidak berperan dalam pelangaran pemilu jika kompetitor mau berkompetisi bersih,” tutup Muhtar.

Kegiatan yang digelar sejak usai sholat jum,at tersebut berakhi hingga pukul 17.20 wita yang diwarnai juga dengan sejumlah pertanyaan dan masukan dari para peserta.

[jr]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.