Header Ads

Ini Yang Harus Dilakukan Panitia Pilkades Besok

panduan acara

Bima, jerat.co.id - Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) memiliki tugas dari menyelenggarakan hingga menetapkan pemenang dalam pelaksanaan pilkades.

Untuk itu Kabid Pemerintahan Desa DPMDes Kabupaten Bima El Faisal S.E M.M, mengharapkan pada pemungutan suara dan perhitungan suara besok, supaya tetap Kondusif dan aman. Menindaklanjuti harapan diatas, Kata faisal, Pihaknya meminta kepada Panitia Pilkades agar menjalankan sesuai dengan aturan Pilkades.

 "Jadi Panitia Desa harus segera berkordinasi dengan Kapolsek dan Camatnya tentang Lokasi TPS yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Kata dia, hal demikian perlu dilakukan guna mengantisipasi supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, pada saat berjalannya Pemilihan, kata faisal "jadi panitia harus pastikan lalu lintas pemilihan perdusun telah diatur dengan pembagian tugas pada anggota panitia, Satgas dan pembantu TPS supaya tidak tumpang tindih, guna efektivitas palaksanan pemberian hak suara bagi para Pemilih," harap Faisal

Tambahnya, Panitia wajib menetapkan Berita Acara Pemungutan Suara Pilkades setelah berakhirnya waktu pemberian hak suara oleh pemilih berdasarkan jadwal pencoblosan yang telah ditentukan. "Setelah penandatanganan Berita Acara Pemungutan Suara oleh Saksi Calon Kades bersama Panitia Desa, diminta kepada Panitia langsung mempersiapkan sarana penghitungan suara seperti kertas plano papan perhitungan suara masing-masing Dusun.

contohnya, kertas Plano 1 untuk dusun A selesai, cabut dan ganti dengan kertas plano 2 untuk dusun berikutnya,"jelas faisal Rabu,(19/11) Pagi tadi waktu dikonfirmasi diruangan kerjanya.

Lanjut faisal, setelah penghitungan suara selesai, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Penghitungan Suara Pilkades yg dibuat oleh dusun dan saksi calon Kades bersama Panitia Desa. "Setelah penandatangan Berita Acara Penghitungan Suara, Ketua Panitia wajib mengumumkan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara telah selasai supaya masyarakat bisa mengetahuinya," tutupnya

(Jr-02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.