Header Ads

Kades Tonggorisa Inisiasi Gerakan Penghijaun

bersama warga lakukan gerakan penghijauan

Bima, jerat.co.id - Pemerintahan Desa Tonggorisa kecamatan Palibelo bersama Lembaga desa, dan Masyarakat melaksanakan kegiatan penanaman pohon penghijauan jum'at, (28/12) Pagi tadi.

Penanaman dan penghijauan dilaksanakan sepanjang jalan yang berada di desa Tonggorisa yang diikuti oleh beberapa masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut Ahyar H.Majid kades Tonggorisa mengatakan, kegiatan penghijauan tersebut sebagai bentuk kepedulian dirinya terhadap desa yang ia pimpin, karena menurut dia, kegiatan Penanaman pohon itu adalah langkah yang bagus sebagai bentuk sosialisasi pentingnya menjaga keseimbangan alam dan mengantisipasi kekurangan air yang ada di wilayah yang ia pimpin. "Ada puluhan pohon yang saya tanam dibebeberapa titik, diantara lain, lapangan Foli, dipinggir gunung, dan di jalan umum, ".ungkapnya.

lanjut dia, bulan yang lalu masyarakat Tonggorisa banyak yang mengeluh kekeringan. tentu kata dia, penyebab dari semua itu karena pohon sudah semakin kurang dan gundulnya hutan, “Ini penyebab utama kekeringan,” imbuhnya.

Kita ketahui bersama, musim kemarau yang panjang pada umumnya berdampak masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Hal ini disebabkan oleh menurunya debit air tanah akibat dari berkurangnya daerah resapan air sebagai dampak alih fungsi lahan hutan dan adanya penebangan pohon yang tidak diimbangi dengan penanaman pohon kembali.

“Dengan penghijauan ini, diharapkan agar tetap terjaga ekosistem hutan dan keseimbangan alam agar tetap lestari,” ujarnya.

[jr 02]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.