Header Ads

Terkait Kisruh Mitra Bulog, Kadis Pertanian Juga Harapkan Bulog Segera Berikan Kepastian



Kepala Dinas Pertanian Kab. Bima Ir. Tayeb

Bima, Jerat Online_Seperti yang disinyalir sebelumnya, selasa besok mitra bulog yang tergabung dalam Asosiasi Pengumpul Bawang berencana menggelar aksi  demo menuntut tanggungjawab Bulog untuk  pembayaran bawang yang terlanjur dikumpulkan.

Menyikapi ini kadis pertanian tanaman pangan dan holtikultura kabupaten bima Ir. Tayeb yang dihubungi  via selurernya senin (6/6-2016) mengatakan, posisi dinas hanya sebagai perantara karena sumber anggaran sepenuhnya adalah Bulog. “Kami telah melakukan komunikasi dengan kepala Bulog Bima dan kepala Bulog di  Mataram. Mereka juga merujuk keputusan kepala Bulog di jakarta,” terangnya.

Informasi sementara yang berhasil dihimpun dinas, alasan Bulog karena gudang yang sudah penuh, “Mereka beralasan masih awam dalam penanganan bawang disamping kapasitas gudang sudah penuh menampung kiriman dari Brebes, Nganjuk dan daerah-daerah di jawa,” ujar Tayeb.

Menyikapi persoalan ini Tayeb menerangkan pihaknya bukan pemegang dana, kendati upaya komunikasi tetap dibangun baik dengan kementrian maupun dirjen. Lebih-lebih dengan Bulog pusat, “Kami dalam posisi dilematis karena jika kami yang memegang uang tinggal bayar saja, hasil komunikasi kami dengan teman-teman pengepul bahwa mereka tidak persoalkan penurunan harga asal barang tidak terlalu lama berada di gudang,” ungkapnya.

“Kami juga coba tawarkan agar Bulog dan kementrian dapat mencari solusi untuk menemukan pemodal lain agar dapat membantu penyelesaian persoalan ini, via email kami telah melayangkan surat namun sampai hari ini belum mendapat tanggapan, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat menemukan solusinya” lanjutnya.

Pria ramah ini berharap agar malam ini mendapatkan perkembangan yang lebih baik, “Malam ini saya coba komunikasikan dengan dirjen, semoga ada jalan keluar sehingga persoalan teman-teman pengumpul dapat diselesaikan. Saya juga berharap Bulog segera berikan kepastian agar persoalan ini tidak berlarut,”paparnya.

Menanggapi rencana aksi demo yang akan dilakukan, Tayeb tidak dapat mengintervensi, “Wajar saja teman-teman melakukan demo namun alangkah baiknya persoalan ini kita bahas bersama dengan berdialogh untuk menemukan jalan keluarnya.” Harapnya.[Leo]



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.