Header Ads

Menyambut HUT RI, Karang Taruna Sangiang Wera Adakan Lomba Sampan Layar



Peserta Perahu Layar, uji coba sebelum perlombaan
Bima, JERAT Online- Melalui organisasi kepemudaan Karang Taruna, Pemerintah desa Sangiang kecamatan Wera mengalokasikan anggaran melalui Pos ADD untuk kegiatan Lomba Sampan Layar Tradisional. 

Kegiatan festival sampan layar ini melalui panitia yang dibentuk, digelar di Pulo Sangiang api mulai Rabu (10/8) s/d 21 Agustus 2016 dengan rute Pulo Sangiang api hingga titik finishnya Darat perkambungan desa Sangiang.

Ketua panitia Hermanto, S.Sos ditemui di kediamannya minggu (7/8) menerangkan kegiatan ini terselenggara dalam rangka mengisi hari ulang tahun kemerdekaan RI sekaligus moment pelestarian budaya daerah. “Kita optimis, masyarakat antusias memerihakan kegiatan ini, halnya pemerintah diharap ikut mendukung upaya pelestarian budaya daerah kita ini,” katanya.

Untuk kegiatan ini Panitia telah melakukan persiapan, mulai dari penginapan, lapangan parkir serta medan untuk pengunjung sehingga laluasa menyaksikan festival satu kali setahun tersebut. “Sumber anggaran kegiatan berasal dari ADD dan sumbangan pihak lain yang tidak mengikat,” katanya.

Panitia juga kata pria yang akrab disapa Danto ini, telah menetapkan 21 peserta festival, “Terbagi dalam 2 kelas yakni kelas A sebanyak 15 peserta dan 6 peserta untuk kelas B, dengan sistim setengah kompetisi” terangnya.

“Puncak kegiatan dimulai pukul 09.30 yang akan dibuka secara resmi oleh camat Wera Drs Isyrah, semua peserta diwajibkan telah berada di arena lomba satu jam sebelum kegiatan dimulai,” terang Danto.

Pada festival kali ini, peserta masing-masing kelas yang berhasil menempati posisi dari juara satu, dua dan tiga  serta juara harapan akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 1,5 jt sampai Rp. 5 jt rupiah. “Bahkan untuk juara umum akan diberi hadiah berupa satu ekor sapi, bingkisan khusus dari H. Adlan anggota DPRD Kabupaten Bima.” urainya.

Hermanto yang didampingi ketua BPD Desa Sangiang berharap, kegiatan ini mendapat perhatian semua pihak terutama pemerintah daerah.

[Fahrir, Shem]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.