Header Ads

Disinyalir Ada Proyek Siluman PU di Wera


Saluran Irigasi di Desa Tawali Wera (foto Fahrir)

Bima, Jerat Online – Proyek senilai 100 jt untuk pembangunan saluran irigasi so Sori Kalampa desa Tawali kecamatan Wera dinilai tidak sesuai petunjuk tekhnis pelaksanaan. Juga tidak jelas siapa penanggungjawab proyek. 

Pasalnya proyek tanpa identitas yang dikerjakan langsung oleh dinas pekerjaan umum PU kabupaten Bima itu tidak memiliki papan informasi, sehingga public tertutup ruang untuk mengontrol pelaksanaan pekerjaan.

Pihak dinas terkesan hanya mengutus Lutfin  yang kerap mengunjungi proyek, kedatangannya pun tidak diketahui bertindak selaku apa dalam pekerjaan tersebut.

Ketika dikonfirmasi Lutfin awalnya mengaku hanya sebagai pengawas, namun setelah ditanyakan siapa pelaksana barulah dia mengaku dirinya sebenarnya pelaksana proyek, “Pekerjaan ini dalam bentuk rehabilitasi saluran irigasi dan swakelola langsung oleh dinas PU kabupaten bima dengan estimasi anggaran sebesar 100 jt dipotong pajak,” terangnya Rabu (14/9).

“Papan pengumuman hanya diwajibkan pada proyek denganestimasi anggaran diatas 100 jt dan melalui tender, sementara pekerjaan ini tidak perlu menggunakan papan proyek,” katanya.

Diterangkan pula, pekerjaan ini merupakan rehab bukan bangun baru dengan volume 100 meter, “Sebenarnya kita telah memulai pekerjaan ini sejak dua bulan lalu namun karena anggarannya tidak cair sekaligus sehingga hingga hari ini masih dilakukan,” ujarnya.

Di tempat yang sama Abubakar selaku kepala tukang mengatakan pekerjaan itu tepatnya hanya 80 meter, “Kami yang melaksanakan sejak penggalian awal tahu persis volume proyek hanya 80 meter,” terang warga Tawali ini.

[Fahrir]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.