Header Ads

KPU Kab. Bima Gelar Acara Temu Komunitas Guru PKn dan Pengurus Osis

Kegiatan Temu Komunitas Guru PKn dan Penguru Osis Se-Kabupaten Bima. 
Bima, JERAT Online - Dalam rangka memberikan pendidikan pemilu kepada pemilih pemula terutama pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar acara Temu Komunitas Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Pengurus Osis Pecinta Demokrasi Se-Kabupaten Bima.

Acara yang berlangsung di Aula kantor KPU Kabupaten Bima di Panda Bima, Kamis (22/9/2016) sedikitnya dihadiri oleh 50 orang perwakilan komunitas Guru PKn dan pengurus Osis tingkat SMA Se-Kabupatem Bima.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusilawati SIp MM Sip mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan pemilu kepada pemilih pemula terutama pelajar tingkat SMA. "Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada pelajar agar lebih cerdas memahami demokrasi yang dilakukan melalui pemilihan umum," katanya.

Dijelaskan, selain siswa dalam kegiatan ini guru PKn juga dilibatkan. "Kenapa guru PKn  dilibatkan? karena didalam pendidikan kewarganegaraan terdapat pendidikan pemilu dan demokrasi. Jadi kami harapkan dalam pelajaran PKn, pendidikan pemilu itu tetap disisipkan," jelasnya.

Dikatakan, sebelumnya KPU juga telah membuat MoU dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima. "Didalam MoU tersebut kami meminta agar pendidikan pemilu dimasukan kedalam kurikulum pembelajaran siswa," katanya.

Nursusila mengaku bahwa kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan kepada guru dan siswa saja. Namun kegiatan ini akan terus dilakukan oleh KPU kepada simpul-simpul dan komunitas yang ada di masyarakat. 

Contohnya komunitas vespa, komunitas motor bahkan komunitas wartawan dan komunitas lainnya. "Simpul-simpul inilah yang nantinya akan membatu KPU dalam sosialisasi dan memberikan pendidikan pemilu kepada masyarakat pada saat pelaksanaan pemilihan umum," tandasnya.

Selain anggota Komisioner KPU seperti Muhammad Waru SH MH dan Yudhi CNA SH MH sebagai narasumber. Dalam kegiatan ini juga hadir narasumber lain seperti Drs Sukirman Azis SH MH akademisi yang juga pernah menjabat sebagai ketua KPU Kabupaten Bima.

Salah satu peserta yang merupakan perwakilan Osis SMAN 1 Monta, Sarif  Hidayat mengaku senang ikut dalam kegiatan ini. "Kami senang bisa ikut dalam kegiatan karena banyak ilmu demokrasi dan ilmu kepemiluan yang dapat diambil dari narasumber sehingga dapat kami terapkan dalam pelaksanaan pemilihan ketua Osis di sekolah," ungkapnya.

[Son]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.