Header Ads

Safari Ramadhan di Palibelo, Wakil Bupati Kembali Paparkan Visi Keagamaan


Jelang Bukber di Masjid Babburrahman desa Bolo (foto humas)

Bima, Jerat Online_Pelaksanaan agenda Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Bima yang dirangkaikan dengan peringatan Nuzulul Quran di Masjid Baburrahmah Desa Belo kecamatan Palibelo Rabu (22/6) dimanfaatkan Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M.Noer untuk kembali memaparkan dan memberikan informasi terkait program prioritas di bidang keagamaan.
            
Wabup Dahlan menjelaskan, dalam visi pembangunan daerah yang telah ditetapkan, aspek "religius" menjadi prioritas utama yang harus dijabarkan dalam agenda pembangunan. "Hal ini dilandasi kondisi demografis bahwa 90% penduduk Kabupaten Bima beragama Islam" paparnya.
            
Dahlan menambahkan, dengan visi religius ini seluruh umat Islam diharapkan miliki komitmen yang tinggi untuk bersama-sama memakmurkan masjid melalui beragam kegiatan keagamaan dan ibadah lainnya .
Tugas pemerintah dan masyarakat saat ini lanjut Dahlan adalah bersama-sama  membangun  masyarakat yang religius antara lain melalui dua program pokok di bidang keagamaan yaitu Membumikan Al-Quran dan  Kegiatan Jumat Khusyu. Membumikan Al-Quran ini merupakan upaya luhur pemerintah daerah agar masyarakat mencintai Al-Quran dan menjabarkan nilai-nilai mulia yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari .
         
 Kepada warga Palibelo, Wakil Bupati mengharapkan agar lebih meningkatkan ibadah di bulan Suci Ramadhan, memakmurkan masjid melalui ibadah berupa dzikir, tadarus dan kegiatan lainnya yang dianjurkan oleh Allah SWT.
             
Selanjutnya penceramah yang juga Rektor Universitas Mataram DR. Ir. H. Sunarpi, P.hD yang juga Ketua Orsat ICMI provinsi NTB dalam uraian singkatnya tentang hikmah Nuzulul Quran mengatakan bahwa ada satu hari di mana Al-Quran diturunkan Allah SWT dan diterima langsung oleh Rasulullah Muhammad SAW.
          
Prof.Sunarpi menambahkan, "Sebagaimana diketahui bahwa ayat pertama yang turun di dalam Al-Quran itu adalah "Iqra". Ini berarti bahwa umat Islam disuruh membaca fenomena yang terjadi termasuk alam semesta". Jelasnya.
         
Kegiatan Safari Ramadhan ini juga dimanfaatkan untuk menyerahkan bantuan dana STQ / MTQ Kecamatan Rp. 10 juta, bantuan  majelis Ta’lim An – Nisa Rp. 2,5 juta,    buku – buku agama dan bantuan dari Baznas berupa 10 buah kitab suci Al – Qur'an yang diserahkan oleh Sekda Kabupaten Bima Drs. HM.Taufik HAK, M.Si dan diterima secara simbolis  oleh camat  Palibelo Drs. Zainudin.
         
Selain dari pemerintah daerah, juga diserahkan bantuan dari Bank Mandiri berupa uang sebesar    Rp. 6,2 juta untuk  peningkatan sarana dan prasarana keagamaan yang diserahkan oleh Direktur Bank Mandiri I Made Wardana dan diterima secara simbolis oleh pengurus masjid  Baburahman Johan Kurniawan, ST.
           
Peringatan Nuzulul Quran ini, dirangkaikan pula dengan kegiatan khataman massal Al – Qur’an 30 orang santri dan santriawati Ponpes AL – Wafah dusun Godo desa Dadibou Woha. ( humas – 03, humas 01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.