Header Ads

Wabup Dahlan Himbau Warga Soromandi Jaga Toleransi


Wabub saat safari raadan di Wadu Kopa (foto humas)
Bima, Jerat Online_Kecamatan Soromandi yang menjadi lokasi ke-3 pelaksanaan Safari Ramadhan rombongan Pemerintah Kabupaten Bima yang dipimpin Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer Jumat malam (10/6) yang dipusatkan di Masjid Salihin desa Wadukopa.

Pada kesempatan tersebut, Wabup didampingi Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Abdul Wahab, Camat Soromandi Yusuf, S.Sos, para kepala SKPD dan pejabat teras lingkup pemerintah Kabupaten Bima tiba di lokasi, langsung melakukan acara buka puasa bersama dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah. 

 
Wabup Dalam amanatnya dihadapan para jamaah taraweh mengharapkan agar warga Kecamatan Soromandi tetap menjaga persatuan dan saling menghormati. "Jaga kebersamaan dan toleransi karena di sekitar kita ada juga umat lain yang hidup berdampingan". 

 
Selain menekankan pentingnya toleransi antar umat beragama, Dahlan juga meminta perhatian warga Soromandi dan Donggo untuk tidak lengah terhadap munculnya berbagai aliran dan kelompok yang meresahkan dan mengganggu stabilitas daerah.

 
"Dalam beberapa tahun terakhir, muncul sejumlah aliran radikal yang menyimpang dari ajaran agama maupun bertentangan dengan tujuan pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Karena itu, diharapkan kepada para alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda beserta seluruh elemen untuk bersama-sama menangkal ancaman ini.

 
Menurut Dahlan, upaya ini sejalan surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri agar pemerintah dan masyarakat waspada terhadap munculnya aliran komunisme maupun radikal yang berpotensi mengganggu stabilitas wilayah". Terang Wabup.

 
Sementara itu, penceramah Ustadz Farhan Bil Islam S.Ag dalam tausiah kepada para jamaah yang menyampaikan tema puasa dan kesempurnaan memaparkan, ada beberapa unsur agar puasa itu sempurna. 

 
"Pertama, ada interaksi antara manusia dengan Allah (Habluminallah), di mana ada keterikatan secara hukum antara hamba dengan Allah SWT sebagai Pencipta. Aspek kedua yang menjadi dasar bagi kesempurnaan puasa adalah hubungan dengan sesama manusia (hablumminanas) yaitu tidak melupakan manusia lain dalam kehidupan". Terang penceramah. 

 
Pada kesempatan tersebut, pemerintah Kabupaten Bima melalui Asisten I Setda Drs. H. Abdul Wahab menyerahkan bantuan dana MTQ sebesar Rp.10 juta dan majelis Taklim Rp. 2,5 juta kepada Camat dan kitab suci Al-Quran kepada pengurus masjid. (hum)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.