Header Ads

Pilkades Sukses Tanpa Gejolak, Masyarakat Mulai Dewasa Berpolitik

Marwan, S.Pd ketua Panitia Pilkades Tangga
Bima, JERAT Online - Mengambil perbandingan beberapa desa di kecamatan Monta dalam pilkades serentak kali ini seperti desa Sie dan Tolo Uwi dengan sejumlah polemik tahapan pencalonan hingga tarik ulur penetapan calon yang diprediksi akan berujung konflik.

Ternyata tingkat kedewasaan berpolitik masyarakat saat ini mementahkan prediksi tersebut. Terbukti, desa-desa yang dimaksud justru kondisinya sama dengan desa-desa lain seperti Tangga, Baralau dan lainnya. Peran aparat keamanan dalam konteks ini juga sangat besar sehingga menghantarkan Pilkades Kabupaten Bima nyaris tanpa gejolak.

Demikian yang dituturkan ketua panitia Pilkades Tangga Marwan, S.Pd di kantor desa Tangga pagi tadi. Menurutnya Pilkades Serentak adalah satu terobosan yang mampu meminimalisir ruang konflik, “Konsentrasi massa terpecah pada banyak desa, sehingga ruang profokasi pemicu konfligh menjadi sempit,” paparnya.

Ketua LPMD desa Tangga ini juga membenarkan kinerja aparat keamanan adalah salah satu factor paling vital penentu kesuksesan Pilkades, “Kesigapan, dan responsif aparat keamanan patut diapresiasi. Karena setiap tahapan dan gejolak tidak lepas dari pengawalan aparat,” puji marwan.

Di desa Tangga sendiri hingga penetapan Kepala Desa terpilih, hampir tidak terbantahkan, “Saya boleh katakana, masyarakat Tangga telah menempati posisi cerdas berdemokrasi, mulai dari menghargai kerja panitia setiap tahapan juga cerdas menggunakan hak pilihnya tanpa diinterfensi materi,” tutupnya.

[Leo]



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.