Header Ads

Harga Kartu Paket Telkomsel Melejit, Konsumen Menjerit



Loop Paket 4 GB 60 rb dijual 80 rb

Bima, Jerat Online - Seiring berkembangnya era informasi dan teknologi, maka penggunaan internet seakan menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian kalangan. Demi mendapatkan layanan ini tak sedikit pengguna gadgate dan pegiat iternet merogoh kocek. 

Namun, kebutuhan ini justru menjadi peluang bagi para penjual dan konter nakal rekanan telkomsel untuk memainkan harga yang berujung pada menjeritnya konsumen. Sebut saja salah satu konter yang berada di Desa Sie, Kecamatan Monta konter ini disinyalir konter terbesar di wilayah setempat. 

Namun, sangat disayangkan pejualan kartu paket data telkomsel di konter tersebut terkesan sesuka hati pemilik tanpa memperhatikan standarisasi harga dalam menarik keuntungan yang wajar dan logis.

Padahal jelas dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 kewajiban pelaku usaha pasal 7 huruf (c) dan (d), pasal 8 ayat 1 huruf (b) hingga (f). menerangkan sejumlah keharusan pelaku usaha untuk memenuhi hak konsumen. 

Peristiwa ini terungkap setelah beberapa konsumen mengeluhkan kelakukan pemilik konter yang menjual paket dengan harga semena-mena dan berfariatif dengan kisaran harga antara Rp 65 ribu hingga Rp 80 ribu. 

Marwan S.Pd salah satu konsumen mengaku pernah membeli paket yang dimaksud pada konter tersebut. “Beberapa waktu lalu, saya lupa tanggalnya, pernah membeli paket 4 GB dengan harga Rp 80 ribu, sempat kaget karena sebelumnya saya beli hanya dengan harga Rp 70 ribu saja,” keluhnya. 

Dia juga menyayangkan penentuan harga di konter tersebut yang berbeda-beda. “Sangat disesalkan penentuan harga jual konter terkesan diskriminatif, karena merasa tidak ada saingan lalu sesukanya menentukan dan memonopoli harga,” ketus Marwan, Jum’at (12/8). 

Kondisi ini kata Marwan, akan mengancam integritas PT Telkomsel, “Jika konter dibiarkan untuk menarik keuntungan sesuka hatinya, tanpa diberikan batasan yang melindungi hak konsumen, saya justru khawatir promo ini tidak menarik bagi konsumen,” tegasnya.

Untuk membuktikan hal ini, wartawan Jerat Group mencoba membeli paket yang dimaksud ternyata harga paket 4 GB yang tertulis dibandrol hanya Rp 60 ribu dan pihak konter menjualnya dengan harga Rp 80 ribu. 

Pemilik konter yang dikonfirmasi awalnya tidak terima saat dikonfirmasi, “Siapa bapak, Komplain harga. Tergantung kita yang jual lah,” jawabnya via selurer

Selang beberapa waktu kemudian melalui nomor yang sama pemilik konter via SMS menjelaskan, “Kartu ada 2 jenis sim biasa 70 rb 2 GB siang dan 2 GB malam, Sim Loop 80 rb 4 GB full siang malam. Bisa juga buat nelpon 1000 sehari, setelah itu bisa daftar sendiri lebih murah buat internet,” tulisnya.

Menyikapi persoalan ini, diperoleh keterangan dari costumer service PT Telkomsel Unit Bima untuk harga peket perdana loop 4 GB Rp 60 ribu dan untuk Explor paket 4 GB seharga Rp 55 Ribu, “Di konter, kami tidak memberikan standar penjualan, artinya persaingan harga mempengaruhi peminat namun untuk di wilayah kota rata-rata penjualannya berkisar antara Rp 70-75 ribu,” terangnya via maseger. 

*[Leo]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.