Header Ads

Hebat! Wanita Ini Jadi Peserta Lomba Sampan Tradisional Sangiang

Kasmin (37) Perempuan Tangguh Yang Tercatat Sebagai  Peserta Perempuan Pertama Dalam Lomba Sampan Layar Tradisional di Sangiang Pulo. (Foto: Haris Djarot)
Bima, JERAT Online - Ada yang menarik dalam kegiatan lomba sampan layar tradisional yang digelar karang taruna Desa Sangiang, Kecamatan Wera tanggal 10-21 Agustus 2016. Dimana dari sekian banyak peserta ada salah satu peserta perempuan.

Walau hanya seorang diri yang menjadi peserta perempuan, namun tidak menyurutkan semangat Kasmin (37) untuk ikut lomba. Wanita asal Desa Sangiang ini tercatat sebagai perempuan pertama yang mengikuti lomba sampan tradisional tersebut.

Dalam kompetisi Kasmin berperan sebagai penyeimbang layar mendampingi suaminya Jamrud (42) sebagai nahkoda sampan. Di hari pertama dalam babak pengisian pasangan suami istri ini meraih juara dua.

Pergerakan sampan yang hanya mengandalkan hembusan angin ke layar perahu cukup sulit dikendalikan bagi orang yang tidak terbiasa. Namun bagi Kasmin hal itu terlihat cukup mudah sehingga mendapakan tepuk tangan dan dukungan dari para penonton yang memenuhi bibir pantai Desa Sangiang.

Kasmin yang ditemui wartawan usai kompetisi mengatakan, disaat berlayar tidak ada sedikitpun rasa takut kecuali berkonsentrasi untuk mencapai garis finis. "Alhamdulillah dengan perjuangan yang keras kami berhasil meraih juara dua dan ini awal yang bagus," katanya penuh semangat.

Di tempat yang sama ketua karang taruna, Hermanto S.Sos mengatkan, kegiatan lomba sampan tradisional dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sangiang Api dan HUT RI yang Ke-71 tahun 2016. "Dimana lokasi star dari sangiang pulo dan berakhir di bibir pantai Desa Sangiang," katanya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata tahunan yang dapat menarik pengunjung dari dalam maupun luar daerah. "Dengan terlaksannya kegiatan ini kami mengharapkan dukungan dari semua pihak terutama pemerintah daerah," harapnya.

[Fahrir/Sem]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.