Header Ads

Karang Taruna Mekar Sie Gelar Rapat Peremajaan Pengurus

Rapat Peremajaan Pengurus Karang Taruna Mekar Desa Sie, Kecamtan Monta. [Adhe]
Bima, JERAT Online - Karang taruna mekar Desa Sie, Kecamatan Monta menggelar rapat peremajaan pengurus Minggu (14/8/2016) malam. Acara yang berlangsung di aula kantor Desa Sie dihadiri oleh sejumlah pengurus dan perwakilan taruna dan taruni dari empat dusun di desa setempat.

Ketua karang taruna, Syarifudin S.Sos dalam sambutannya mengatakan, peremajaan dilakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan kinerja pengurus dalam mencapai program kerja karang selama masa bakti 2014-2017.

Diakui, kebanyakan pengurus lama sudah banyak yang tidak aktif dan sebahagian telah keluar daerah. "Dengan demikian perlu dilakukan peremajaan dengan menyusun pengurus baru yang akan menjalankan program kerja kedepan," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Bung Syarif ini juga menyebutkan bahwa pentingnya peremajaan pengurus dilakukan dalam menyambut program pemberdayaan usaha kelompok dengan dana senilai Rp18 juta yang dialokasikan pemerintah desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016.

"Dengan adanya kepercayaan ini diharapkan kepada pengurus yang baru dapat menjalankan program dengan penuh tanggung jawab," harapnya.

Syarif menjelaskan, alokasi dana tersebut akan digunakan untuk usaha kelompok ternak bebek yang akan kelola oleh karang taruna melalui bidang kelompok usaha bersama. "Setelah dilakukan peremajaan, bahkan bidang yang ditunjuk telah siap mejalankan program," tandasnya.

Sekretaris Desa, Farhan S.Kep Ners yang hadir mewakili pemerintah desa dalam acara tersebut mengatakan, tahun ini pemerintah desa mengalokasikan dana sebesar Rp18 juta untuk kegiatan pemberdayaan dan  dipercayakan kepada kader karang taruna untuk mengelolanya. 

Melalui pemberdayaan tersebut diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran yang berkelanjutan sehingga menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dapat neningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang.

Pemberdayaan semacan ini tidak hanya terbatas pada kegiatan berternak bebek saja mungkin kedepan akan disediakan alokasi dana yang lebih besar seperti usaha ternak kambing dan sapi. "Harapan kami agar pengurus karang taruna yang baru dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah," harapnya.

[Al]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.