Header Ads

34 Desa Ikuti Pelatihan PPSD-GSC


Kepala Desa dan Ketua BPD Di 7 Kecamatan ikuti Pelatihan

Bima JERAT Online- Sebanyak 34 kepala desa dan ketua BPD yang terdiri dari 7 kecamatan di kabupaten Bima ikuti pelatihan Program Pelayanan Sosial Dasar Generasi Sehat Cerdas (PPSD-GSC), dengan tema ‘Terintegrasinya pelayanan sosial dasar dalam pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa’

Kegiatan pelatihan yang digelar di Hotel Parewa dan Homestay Tambora selasa (18/10) ini diikuti oleh 68 peserta. Yang pada pelaksanaan kegiatan yang difasilitasi GSC Kabupaten Bima ini melibatkan narasumber BPMDes kabupaten Bima (Kasubid Pendapatan Kekayaan dan pengembangan desa, dan Kasubid Kelembagaan dan Pengembangan SDM) dan Inspektorat Kabupaten Bima.

Pelatihan sehari ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan desa melalui pemberian pemahaman tentang kebijakan pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa. Terlebih pada penerapan pelayanan dasar dan pencatatan keuangan, hingga melatih peserta untuk mampu membuat Raperdes, RAPBDes, RPJMDes dan RKPDes.

Kegiatan itu juga untuk memperkuat kedudukan aparatur pemerintahan desa sesuai dengan permendesa nomor 21 tahun 2016 yang diarahkan sebagai acuan bagi desa dalam menentukan program dan kegiatan bagi penyelenggaraan kewenangan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa yang dibiayai oleh dana desa.

Sebagai acuan bagi pemerintah kabupaten dalam menyusun teknis penggunaan dana desa dan sebabai acuan bagi pemerintah dalam pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penggunaan dana desa.

Hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut kepala BPMDes kabupaten Bima yang diwakili oleh Sekban Drs. Gunawan pada sambutannya mengatakan, “Permasalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan Dana Desa ini adalah kurangnya komunikasi dan koordinasi antara Kepala Desa Dan BPD dan pendamping dari program Dana Desa ini,” katanya.

Untuk itu tegasnya, seluruh Kepala Desa dan BPD harus lebih meningkatkan koordinasi lintas sector demi memenuhi kebutuhan program –program untuk menyuseskan segala bentuk perencanaan dan pelaksanaan program  pelayanan sosial dasar dan pengelolaan Dana Desa.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pedoman kepada kepala Desa dan BPD dalam mensosialisasikan kegiatan serta pengelolaan Dana Desa, sehingga permasalahan permasalahan yang terjadi selama ini tidak terjadi lagi, karena dibutuhkan SDM yang handal guna mendukung pelaksanaan pengelolaan Dana Desa,” tutup Gunawan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan.

Sementara Junaidin, ST Fasilitator Kabupaten (Faskab) yang didampingi Muhammad Alif (Faskeu) GSC pada kata sambutannya menjelaskan, kegiatan itu akan terus dilakukan hingga tahun 2017 sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan kapasitas Pemerintah Desa dan BPD.

“Bentuk lain yang ingin dicapai dalam pelatihan ini, setiap desa dapat menyusun perencanaan dan PPSGM Desa merupakan Dokumen resmi perencanaan Desa sehingga perlu bersinergi dengan perencanaan di Tingkat Desa, sehingga kedepanya GSC akan selalu melakukan pendampingan,” terang Junaidin.

[Jan]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.