Header Ads

Ketua KPU RI Hadiri Launching RPP ‘Sancaka’


Ketua KPU RI di dampingi Bupati Bima saat menggunting pita tanda peresmian

Bima, Jerat Online - Untuk mengedukasi masyarakat tentang pemilu, KPU Kabupaten Bima mendirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP). RPP "Sancaka" Pemilu ini diresmikan langsung oleh Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, Kamis (20/10).

Launcing ini dihadiri juga oleh Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri dan Murny Sucyati mewakili DPRD Kabupaten Bima .

Pada kesempatan sambutannya Ketua KPU pengganti almarhum Husni Kamil Manik ini mengapresiasi inisiatif KPU Bima dalam merancang RPP. Karena satu-satunya di Indonesia hanya di KPU Bima yang mampu mendirikan Rumah pintar pemilu.

"Yang mampu melaksanakan RPP ini hanya di tingkat provinsi. Itupun harus melalui pembahasan pilot project. Tapi di Bima mampu mewujudkan ini," pujinya.

Dia juga mengaku bangga sekaligus memberikan penghargaan kepada KPU Bima. Lantaran mampu membawa Pilkada serentak 2015 lalu dengan aman dan damai. Padahal kata dia, Bima masuk kategori daerah rawan dan termasuk sebagai daerah zona merah.

"KPU Bima mampu menangani secara meyakinkan konflik Pilkada. Apalagi, hasil Pilkada sangat membanggakan. Tidak ada gugatan yang berarti hingga ke MK. Prestasi lain yakni partisipasi pemilih yang cukup tinggi. Kalau kita bandingkan dengan KPU di seluruh Indonesia," tuturnya.

"Nanti saya akan sampaikan di kota lain agar belajar di Bima untuk mengelola partisipasi. Kalau mau study banding tentang pemilu datang saja ke Bima," imbuh Juri Ardiantoro saat menyampaikan sambutan.

Dia menjelaskan, RPP bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pemilu. Dalam mendorong partisipasi masyarakat untuk memberikan hak pilih pada pemilihan umum.

"Tidak saja mencoblos, tapi maknanya sangat luas. Karena masyarakat diminta ikut terlibat memberikan kualitas pemilu," terangnya.

Ardiantoro berharap, tingginya partisipasi pemilih karena ingin memilih pemimpin terbaik. Bukan memilih karena diongkos. RPP sendiri dinilai sangat penting untuk penyebaran edukasi pemilu kepada masyarakat yang kurang paham.

“Inilah perwujudan integritas KPU sebagai penyelenggara pemilu,” katanya.

Ketua KPU Bima Siti Nursusila SIP MMSip menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan KPU pusat, provinsi dan Pemda. Karena selain anggaran APBN, terlaksananya RPP "Sancaka" tersebut juga atas kombinasi anggaran di Pemda Bima.

Pada kesempatan itu perempuan yang akrab disapa Dae Ila ini juga menjelaskan arti nama Rumah Pintar Pemilu "Sancaka" kepada Ketua KPU RI dan provinsi.

"Sancaka ini berasal dari bahasa Bima yang berarti salah satu tempat yang digunakan untuk bermusyawarah. Sehingga sejalan dengan tujuan dasar demokasi," paparnya.

Perempuan enerjik ini menegaskan, akan menjadikan kantor KPU tersebut sebagai Rumah Pintar Pemilu. Sehingga bisa dikunjungi oleh siapapun untuk mendapatkan data, informasi dan berdiskusi tentang pemilu.

Sementara itu, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri menilai, kehadiran RPP menjadi wahana menumbuhkembangkan demokrasi. Juga diikhtiarkan untuk dokumentasi pemilu.

"Pemilu di Bima saat ini sudah menjadi pendidikan politik yang sudah mengarah  ke hal yg lebih baik. Sehingga sedikit demi sedikit kesan zona merah mampu dihapus," ujarnya.

Dalam pendidikan politik lanjut Dae Dinda, RPP diharapkan menjadi sebuah taman agar memberikan edukasi tentang pemilu kepada masyarakat.

"Arti penting lainnya yakni untuk bertemunya pemerhati pemilu dan demokrasi. Semoga RPP dapat menciptakan iklim demokrasi yang nyaman," tutupnya.

Pada peresmian itu, kehadiran bupati dan ketua KPU RI disambut dengan tarian tradisional Wura Bongi Monca. Usai sambutan, Ketua KPU RI Juri Ardiantoro memukul gong kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita tanda diresmikan Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Bima. Didampingi Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Bima beserta Ketua KPU Bima dan KPU NTB, Juri Ardiantoro memantau ruangan RPP dan kantor KPU.

[Ocha]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.