Header Ads

Tim Akreditasi Lakukan Penilaian PKM Di Bima


Sambutan Selamat Datang Tim Surveior di PKM Monta

Bima,Jerat Online – 24 sampai dengan tanggal 26 oktober 2016, Tim Penilain Akrediasi Pusat lakukan survey sejumlah Puskesmas (PKM) di Bima.

Tim itu terdiri dari tiga orang itu dipimpin oleh Drs Setna Korwa yang spesifik memeriksa administrasi. Dua orang anggotanya yakni Niko Bayu Nugroho,Skm yang akan memeriksa UKM dan dr Kuji Elfa Rowi Aho yang akan menilai kesehatan perorangan.

Kali ini 25/10 jadwal kunjungannya di Puskesmas kecamatan Wera yang berkedudukan di desa Tawali, tim ini didampingi langsung oleh
Sufaidin,S.sos petugas dari dinas kesehatan kabupaten bima.

Disela-sela prosesi penilaian tim, Sufaidin yang dimintai keterangan mengatakan, Para tim memiliki bidang penilaian masing-masing seperti sisi pelayanan pasien, Administrasi dan kesehatan masyarakatnya.

“Dinilai juga bagaimana puskesmas ini optimal melayani sesuai tupoksi dari pimpinannya hingga tukang sapu,” terangnya.

Hal itu akan menjadi pondasi Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan Administrasi itu tertata dengan baik karna itu sistem yang mau dibangun, kemudian statis Kesehatan masyarakat, bagaimana sistim perencanaan dan pelaksanaannya sampai selesai serta bagiamana optimalnya pelayanan pengobatan sejak pasien datang hingga pasiennya pulang atau dirujuk karna. Paparnya.

Lebih jauh dijabarkan bahwa dalam penetapan akreditasi tersebut beberapa pedoman yang menjadi aspek penting yang dinilai yakni pedoman Dasar, Madia dan pedoman Paripurna.
“Terdapat 776 pertanyaan yang harus dijawab oleh PKM baik Dengan dokumennya maupun rencana dan pelaksanaan tugasnya” ungkapnya. 

Tinjaun Jerat, di kecamatan Monta tim surveior ini juga melakukan penilaian pada PKM Monta, yang kedatangannya pada kamis (27/10) disambut meriah oleh warga setempat dengan suguhan kesenian seperti tari selamat datang dan lainnya.

Camat Monta Drs. Ruslan H. Musa juga dengan ramah menyambut para Tim yang menjadi tamu kehormatan dihari itu.

Penentu Akhir dari lolos dan tidaknya Akreditasi PKM tersebut tergantung dari penilaian Komisi Akreditasi Nasional, berdasarkan apa yang dilihat lalu direkomendasikan oleh Tim Survei di lapangan.

[Fahrir,Udin]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.