Header Ads

Kepala Mis Ntonggu Dituding Gelapkan Anggaran Sekolah


ilustrasi

Bima, Jerat Online - St.Muslimah S,Pd kepala Mis Ntonggu kecamatan Palibelo diduga telah menggelapkan sejumlah anggaran sekolah, baik itu BOS, BSM maupun anggaran yang diperoleh dari Yayasan.

Hal ini diketahui dari kesaksian salah satu guru yang belum ingin ditulis namanya,dari informasi yang dihimpun, kepala sekolah sejak dua tahun terakhir terkesan sengaja menutupi belanja sekolah.

Disisi lain kecurigaan mulai muncul ketika dilakukan kalkulasi pengeluaran seperti bayar honor guru yang diperkirakan tidak mencapai 5 juta rupiah setiap pencairan, “BOS untuk sekolah ini mencapai 17 juta, sementra belanjanya tidak seberapa, pengeluaran itu juga terkesan sengaja ditutupi,” ungkapnya.

“Beberapa paket belanja di sekolah ini nilainya tidak seberapa, seperti perbaikan WC dan pagar hanya menelan anggaran sekitar 4 juta sementara uang yayasan yang diterima 10 juta, belum lagi pemotongan terhadap honor guru dengan nilai yang berfariasi,” ungkapnya.

“Saya berani mempertanggungjawabkan keterangan ini sampai ke meja hijau, karena saya dan beberapa teman merasa telah dibohongi oleh kepala sekolah,” ketusnya rabu pecan lalu.
Di tempat terpisah, sabtu (3/12) kepala sekolah didampingi St Juhria Ama.Pd bendahara sekolah membantah adanya tudingan tersebut, “Semua yang dituduhkan tidak mendasar dan sengaja menjatuhkan nama baik saya selaku kepala sekolah, karena semua aliran dana di sekolah ini bukan ditangani oleh kepala sekolah, ada bendahara yang berwenang membelanjakannya,’ bantah kepala sekolah.

Di tempat yang sama bendahara juga mengatakan, semua pengeluaran sudah jelas dan tercatat, “Seperti pemotongan honor itu benar adanya dan dapat dipertanggungjawabkan karena sistim pemotongan itu telah disepakatai bagi yang malas dan nilainya hanya berkisar antara 30 sapai 50 ribu saja,” terang Juhriah.

[Ocha]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.